Tuesday 13 April 2021
Sosialisasi Empat Pilar

Sosialisasi Empat Pilar, Ekonomi Kerakyatan di Masa Pandemi

 

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di tengah pandemi covid-19 terus dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sosialisasi kali ini dilakukan di Karang Pule Sekarbela Kota Mataram.  Anggota Komisi VIII MPR RI H Rachmat Hidayat   mengimbau kepada warga untuk menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus Covid-19.

Sosialisasi ini dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi kerumunan masyarakat yang banyak yakni pagi, sore dan malam hari  Peserta yang datang ke lokasi sosialisasi empat pilar kebangsaan dengan protokol kesehatan ketat. Selain diwajibkan jaga jarak, peserta yang hadir juga diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Selain warga masyarakat yang hadir dalam  sosialisasi juga dihadiri sejumlah pengurus DPC dan PAC PDI Perjuangan se-Kota Mataram serta anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Dalam sosiaalisasi empat pilar bermaterikan Pancasla, UUD 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika itu, Rachmat Hidayat  juga mengimbau kepada warga untuk menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Semua harus disiplin menjaga kesehatan terutama pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Semoga kita semua bisa melewati masa pandemi ini. Kita harus mencegah korban bertambah. Ini bukan tugas pemerintah atau satgas tapi tugas kita bersama,” ujar Rachmat Hidayat.

Dia juga mengingatkan agar warga mempertahankan ketahanan ekonomi di tengah masa pandemi covid-19. Caranya, tambah dia,menghidupkan lagi usaha-usaha kecil dan menggunakan bantuan pemerintah sesuai peruntukannya.

“Pemerintah pusat telah mengucurkan bantuan bagi UMKM , bantuan tersebut agar tepat penggunaanya supaya pengusaha kecil bisa bertahan  dan eksis, agar ketahanan ekonomi di tengah pandemi covid-19 dapat menjadi andalan masyarakat,” ujarnya.

Dan diharapkan masyarakat tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Dengan berpegang teguh pada empat pilar kebangsaan, maka kita bisa mempertahankan kelangsungan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Disampaikan pula bahwa pemerintah akan selalu hadir di tengah kesulitan masyarakat, hal tersebut sebagai pengejahwantahan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Berbagai kebijakan pemerintah dalam penanggulangan covid adalah agar perekonomian dan kebutuhan masyarakat tidak semakin menurun.

Ekonomi kerakyatan, ekonomi yang dialkukan oleh lapisan bawah, yakni UMKM merupakan penopang utama pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor riil ini perlu dukungan kebijakan di tengah pandemi akan tetap bertahan.

About Hakam

Check Also

Peserta Sosialisasi

Sosialisasi 4 Pilar, Pancasila Perkuat Kepedulian

Anggota MPR RI, H Rachmat Hidayat, SH melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Dalam kegiatan tersebut …

Leave a Reply