Tuesday 13 April 2021
Sosialisasi

Sosialisasi 4 Pilar, Rachmat : Perkuat Kebhinnekaan

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan H. Rachmat Hidayat menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan bersama  tokoh masyarakat, pemuda dan budaya. Acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan peserta 150 yang di bagi dalam 2 tahap pada 17 November.

Dalam kesempatan itu, Politisi PDI Perjuangan yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan NTB mengajak semua peserta untuk menghayati dan mengimplementasikan  Pancasila dalam semua kehidupan. Baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena Pancasila di gali dari kehidupan masyarakat Indonesia oleh Bung Karno.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan itu untuk memahami konsep berbangsa dan bernegara yang penuh dengan rasa toleransi atas segala perbedaan yang ada. Para warga diharapkan mampu menghargai segala perbedaan, hidup bergotong royong yang penuh rasa welas asih.

“Ini bagian dari tugas anggota DPR/MPR RI untuk menggencarkan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini kepada seluruh element, baik itu tentang Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika,” terang Rachmat.

Pada masa pandemi covid ini kita semakin teruji dalam penerapan empat pilar kebangsaan. Kemajemukan bangsa Indonesia adalah anugrah dari Alloh untuk di syukuri, bukan untuk dipertentangkan apalagi bermusuhan. Tuhan menciptakan berbangsa-bangsa, bersuku-suku untuk saling mengenal dan menghargai tandas Rachmat Hidayat.emaj

Bangsa Indonesia dikaruniai kekayaan budaya yang tiada tara. merbagai suku, agama, budaya, kesenian, bahasa dan sebagainya yang merupakan nikmat Tuhan. Indonesia sebagai zamrud katulistiwa, hal ini harus disyukuri.

Dimasa pandemi ini kita bisa merasakan sebagai satu kesaatuan bangsa, kita bisa merasakan implementasi Pancasila, bisa mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika. Adanya pandemi ini merasakan nilai-nilai luhur pilar kebangsaan dan menemukan kekinian penerapan nilai tersebut.

Diakhir diskusi Rachmat menyampaikan kepada tokoh masyarakat untuk bisa meneladi nilai empat pilar kebangsaan, bersatu melawan corona dengan menerapkan protokol kesehatan. Tanpa pendisiplinan protokol kesehatan maka susah memutus rantai wabah ini. Saat ini penerapan protokol kesehatan mulai mengendur yang disebabkan oleh kejenuhan masyarakat. Kedua pengendoran pendisiplinan protokol kesehatan dan ketiga kejenuhan  aparat dalam penegakan disiplin.

About Hakam

Check Also

Peserta Sosialisasi

Sosialisasi 4 Pilar, Pancasila Perkuat Kepedulian

Anggota MPR RI, H Rachmat Hidayat, SH melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Dalam kegiatan tersebut …

Leave a Reply